Thursday, March 3, 2011

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Pendidikan Tinggi memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan proposal pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2011 yang akan diikutsertakan dalam PIMNAS XXIV di tahun mendatang.


hanya itu yang bisa gue berikan informasi kepada kalian guys! awalnya gue nggak ngerti sama sekali, sama sekali, bahkan sampai detik ini. OH DAMN! horrible banget. gue tau PKM dari kak Nicolo, senior di KMA-PBS yang menyuruh gue membuat Laporan PKM. tapi gue mencoba membuatnya dengan nanya kesana-kemari, browsing sana-sini dan gue dapat satu yang menurut gue dapat dipercaya, yaitu dari temen SMP yang sekarang satu kampus hanya saja beda fakultas. ini dia format Laporan PKM:


a.   Pendahuluan
1) latar belakang yang berisi uraian tentang alasan mengangkat gagasan menjadi
karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung),
2) tujuan dan manfaat yang ingin dicapai.

b. Gagasan
Uraikan tentang:
1) Kondisi kekinian pencetus gagasan (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara,
observasi, imajinasi yang relevan),
2) Solusi yang pernah ditawarkan atau diterapkan sebelumnya untuk memperbaiki
keadaan pencetus gagasan,
3) Seberapa jauh kondisi kekinian pencetus gagasan dapat diperbaiki melalui
gagasan yang diajukan,          
4) Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan
gagasan dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya,


5) Langkah-langkah strategis yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan
gagasan sehingga tujuan atau perbaikan yang diharapkan dapat tercapai

c. Kesimpulan
1) Gagasan yang diajukan,
2) Teknik implementasi yang akan dilakukan,
3) Prediksi hasil yang akan diperoleh (manfaat dan dampak gagasan)

No comments:

Post a Comment