Tuesday, May 12, 2009

Process Recruitment @ blitzmegaplex

Setelah kurang lebih seminggu gue mengisi form untuk jadi crew di blitz-megaplex. Di website http://blitzmegaplex.com/ , akhirnya gue di hubungi lagi hari Jumat, 8 mei 2009 dan gue disuruh datang hari Senin ke blitz (tepat nya di Grand Indonesia lantai 8) jam 09:00.

Gue surprised banget waktu itu. It's my first time for an interview!!
Gue putuskan hari Senin bolos kuliah (MPKB (MPK Bahasa Inggris) dan MPKA (MPK Agama)). Pada hari Senin nya, gue bangun jam 05:30. Kesiangan!! Niatnya gw mau bangun jam 05:00 atau jam 04:00 biar prepare gitu dan akhirnya gue dianterin Papa sampe Kampung Rambutan

Nunggu P6 (saran dari papa nya andi ; naik P6 turun di komdak, terus naik 640 turun di bunderan HI) kok enggak kunjung datang yaa! Dari jam 06:30 sampe jam 07:00 masih tetap nunggu. Akhirnya gue ngambil rencana awal (rute awal lebih tepatnya; saran andi; naik Patas 16 atau Patas 70 langsung sampai bunderan HI). P16 tak kunjung datang, datanglah P70. Gue naik P70 .

*tambahan; pas lagi nunggu Patas gw ngobrol sama bapak-bapak (kebiasaan; gak bisa kalau enggak ngobrol.) cerita-ceritalah gw (kebiasaan LAGI; gw suka banget cerita tentang yang akan gw lakuin ke orang-orang, apalagi saat itu gw mau interview. makin jadilah gw bercerita) bapak-bapak itu bilang (gak saling tau nama masing-masing) banyak anak UI (Universitas Indonesia) yang part-time di LSM-LSM gitu. mending part-time di LSM-LSM aja, lebih menjanjikan untuk karir kedepannya . gw ; apa iya yaa ??

Di P70, gue berdiri (saking penuhnya gw berdiri di pintu). HIDUP BUTUH PERJUANGAN !!
Seperti biasa Jakarta macet abis-abisan, gila-gilaan, parah-parahan. Oiya, Patas AC mahal juga yaa (RP 6.000) gue kira berapa gitu, Rp 4.000 (maklum anak kuliahan kan biasanya serba Rp 3.500 hehe). Gue masih agak asing dengan pusat Jakarta. Bingung. Celingak-celinguk. Gue sampe nanya dua kali sama kenek patasnya "bang. lewat HI kan ?". Pertanyaan yang sama dijawab dengan jawaban yang sama "iyaa". Jadi merasa tenang aja kalau udah ditanyain  ^_^

Sampailah gue di depan Plaza Indonesia, Grand Indonesianya kelewatan.
Jalan kaki sebentar. Lagi; HIDUP BUTUH PERJUANGAN !!

Eh, ada mbak-mbak yang mau ke GI tuh kayaknya, gue ikutin aja (abis kan gw gak tau pintu masuk dan lift nya dimana) terus sampai di lantai 8.

AND waooow .
Sudah ada yang datang sebelum gue (gue sampai jam 08:30-an) dan cantik-cantik ber-make up pula (waduh. secara gw cuma bedakan, maskara dan pake lipstick). Mereka itu yang pake blush-on, eyeliner, eye-shadow. Gue enggak tau deh gimana nantinya. Jalani saja dulu. Ngobrol-ngobrol dengan sesama calon crew hehe. Engak kerasa sudah satu jam aja . INDONESIA SELALU NGARET !!

Dan jam 10-an lewat, para calon-calon disuruh masuk ke ruangan HR office.
Masuk ke ruangan sempit gitu (semua calon-calon berjumlah 14 orang kalau enggak salah ; bener).
Nunggu lagi, kemudian enggak lama disuruh nulis daftar hadir (semacem absen gitu) dan abis itu dijelasin all about blitz oleh Ibu Yeni dan yang paling gue inget ; blitz ; nonstop entertainment .

Setelah dijelasin semua tentang blitz, ternyataaaaa. Blitz itu keren banget yaa!!
Dan menunggu lagi. Beberapa saat kemudian (setengah jam-an kayaknya). Disuruh pindah ke ruang sebelah. Kita (14 orang) dibagi menjadi 2 kelompok. Gue dapet nomor 4. Process ini namanya GROOMING (perkenalan). Gue disuruh memperkenalkan diri (nama, usia, asal SMA, kegiatan sehari-hari). Alhamdulillah gue lulus, ada yang gugur dua orang dari setiap kelompok (it means, tinggal 10 orang).
Menunggu lagi .

Setelah beberapa saat, disuruh pindah ruangan lagi. Berkumpullah calon-calon yang dipisah tadi (10 orang) . selanjutnya psikotest. Test pertama namanya kalau enggak lupa ; inget ; wartegg. Alhamdulillah. Gue lulus lagi. Dua orang gugur (it means tinggal 8 orang). Setelah itu psikotest selanjutnya disuruh gambar (man!! kaga tau dah gimana bentuk itu gambar. Gue enggak bakat sama sekali gambar) dan test terakhir; testnya itu kayak jumlahin angka sebanyak mungkin dalam waktu singkat. T_T kaga tau juga yang ini. Secara udah jam 14:00 dan belum makan pula ; gak konsen lah .
makan ; makan ; makan ; itu aja yang ada . hahaha

Setelah di umumin, lulus semua katanya. Bersyukur lagi; Alhamdulillah.
Istirahat; dari jam 14:00 s/d 14:40. Gila!! Cepet banget. Makan gue kan lama (udah gitu kan harus nyari tempat makan yang murah. hahahaha). Muter-muter nyari makan ; ketemu hokben ; makan dengan amat sangat terburu-buru ; gak dihabisin ; sayang banget . hahahaha dan jam 14:50 sampai di ruang HR office ; ternyata belum ada orang!! PARAH ; udah lebayyy banget gue makan ; buru-buru ; ternyata pada ngaret.

OOOHHHHH .
na'as !! hahaha

Menunggu lagi .

Beberapa saat : form yang disuruh isi sambil makan siang dikumpulin ; judul form nya ; FORMULIR PENERIMAAN KARYAWAN ; gak ngerti maksud isi formnya apa yaa??
Setelah itu, menunggu lagi ; ngobrol-ngobrol ; ngomongin cowok. Jam 16:00 baru dipanggil interview. Gue di-interview sama seorang laki-laki, ada dua orang yang nginterview ; cewek - cowok. Kok kebanyakan ketawa yaa gue pas jawab pertanyaan dari interviewer nya?? Wah enggak beres.
Abis nya nanya nya juga lucu .
*punya sahabat ?
*yang paling mereka sebelin dari kamu apa ?
*kenapa mau part-time, emang gak dikasih uang jajan ?
*sering sakit gak ?
*suka baca novel apa ?
*cita-cita kamu apa ?
*kenapa kamu pilih jurusan kamu sekarang ?
dan lain-lain .

gw jawab apa adanya sesuai dengan kenyataan yang ada. Kenapa ketawa mulu pas interview ; yang nginterview ngebahas pakaian yang gw pake terus ; kemeja putih dengan rok merah.
HAHAHAHAHAHA Dari pagi emang udah selalu dibahas ; mau upacara yaa ; merah-putih gitu !!
gw baru sadar anak SD banget gw yaa .
Biar laah!! Abis gw gak ada rok lagi. Rok yang lucu itu doang. Gw pakelah. Abis interview. Pulang. Belum ada kepastian. Diterima atau enggak. Nanti ditelfon lagi ; katanya gitu. Yaaa sudah menunggu .

oyaa .
gue dapet temen baru .
devy ; mira ; anye

60 comments:

  1. Nice ... I like the way you tell the story... sounds like a fun day in a battle field.

    Jadi kalo mo grand Indonesia pake P70 dari kampung rambutan ya... thanks :D

    ReplyDelete
  2. waaaaaaahh..
    makaaaasiih bangeeedz,dr critaa lw gw dapett banyakk bangedz info..
    giliraaaann gw yg lg ketarr-ketirr tibaa2 ditelponn buatt interview..
    hedeeeeeehh..

    ReplyDelete
  3. Lydia, gmana kondisi dan situasi di Kantor ? Kebeneran adik ane rencana diinterview disitu. Kan sekarang sudah diakuisisi Korea. Untuk gaji apakah standard or lumayan gede ?

    ReplyDelete
  4. Saya sudah lama tidak bekerja di sana. Kalau buat mahasiswa part time di sana, gajinya lumayan kok. Suasana kerjanya asik juga.

    ReplyDelete
  5. kalo bagian admin staff nya enak gak sih kak lidya?

    ReplyDelete
  6. hai lydia! what about if i only want to do part time job there? is they still welcome as well? please reply this, because i currently really need part time job for killing my overly leisure time and i end up only wasting money :( so i want to get one too. please answer by emailing me juliechr19@yahoo.com thank you :)

    ReplyDelete
  7. For Rian Triyana:
    Admin staff? Kayaknya di sana enggak ada istilah itu deh.
    Setahu gue, adanya leader. Tapi, keseluruhan semuanya asik kok, masih berjiwa muda.
    Bisa sering izin kalau ada urusan kuliah.

    ReplyDelete
  8. For Julie,
    I've sent a message to your email, right.

    ReplyDelete
  9. Hi Lyd,

    I just sent an e-mail too, please kindly check your inbox when you have time.

    Cheers,
    Yoshua

    ReplyDelete
  10. maaf mau nanya ... di blizmegaplex sistem kerjanya gmn? kontrak atau karyawan tetap kah?
    tunjangan apa saja yg di dapat? untuk jenjang karir gmn? maaf saya nanya karna saya dapat panggilan kerja pada posisi IT support waktu test psikotest & interview di MOI kelapa gading katanya untuk penempatan di site Grand Indonesia. Terima kasih

    ReplyDelete
  11. Hi Ridwan,

    Waktu itu Saya bekerja sebagai partimer sih, bukan karyawan tetap. Jadi tidak tahu mengenai tunjangan dan jenjang karir. Ditanyakan langsung saja ke HR-nya. Hehehe Maaf ya tidak banyak membantu.

    ReplyDelete
  12. ikutan nanya juga dong mba, kira" masih ada penerimaan kerja part time disana ga ya? kalopun ga tau info nya..bisa kasih alamat dimana saya bisa cek sendiri via website nya mungkin? mail ke yudhi.irwanto@ymail.com ya mba.karena saya ndak bisa online sering"..takut lupa :D
    makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  13. hi mba lydia, interviewnya indo apa b.inggirs?

    ReplyDelete
  14. Saya sih waktu itu interview pakai bahasa Indonesia

    ReplyDelete
  15. Hai lydia, aku mau nanya kira2 disana ada persyaratan tinggi minimalnya gak?apa kerja disana kerja part time ada kontrak kerjanya juga?terus ada penahanan ijazahnya apa nggak?tolong jawab ya :) makasih

    ReplyDelete
  16. Hai Titi, enggak ada persyaratan tinggi kok. Temen kerjaku bervariasi ada yang tinggi banget, ada yang biasa aja, ada yang kurang tinggi. Engga ada penahanan ijazah. Di sana ada sistem part time, daily worker, dan kontrak. Dulu sih gitu..

    ReplyDelete
  17. Ka lydia sampe saat ini msh kerja di blitz GI kak?

    ReplyDelete
  18. mau nanya dong kak. crew itu tugasnya apa ya diblitz? kalau bagian ticketing masuknya ke bagian apa? aku masih bingung soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Crew itu yang bagian ticketing dan standby di theatre

      Delete
  19. Ka kalo di form pendaftaran, itu cuma ngisi data diri sama foto doang ?
    Gk pake cv yaa ?
    Terima kasih:)

    ReplyDelete
  20. gaji untuk part timer berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu per hari masih di bawah 50rb, kayaknya sih sekarang sudah lumayan tinggi.

      Delete
  21. Replies
    1. Enggak kok yang penting berpenampilan rapi dan bersih saja.

      Delete
  22. Ka anak sma tuh bisa daftar kerja part timenya ga si? Mengisi waktu liburan aku ini'-'

    ReplyDelete
  23. Kak kalau kerja jd crewnya boleh berhijab gak ya? aku mau ngelamar tp takutnya gaboleh make hijab, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mau ngelamar di blitz besok insya allah walk in

      Delete
    2. Harusnya kalau sekarang hijab bukan lagi halangan untuk bekerja di manapun.

      Delete
  24. Kalo purchasing itu ngapain ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu Saya Purchasing itu bagian pembelian barang ya.

      Delete
  25. Assalamu'alaikum..
    Ini mbak kerjanya Part Time disana? Itu sekarang masih bisa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Iya dulu sempat kerja part time di Blitz sekarang namanya CGV. Sekarang kayaknya sih masih ada.

      Delete
  26. Ka lydia, kalo mau ngelamar langsung ke salah satu mallnya bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mall-nya? Kayaknya enggak bisa deh karena Mall kan pengelolaan gedung saja. Langsung saja ke CGV ya sekarang namanya.

      Delete
  27. kakk mau nanya dong, itu sistem kerjanya paling lama shiftnya sampe jam berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau weekend kayak hari Jumat-Sabtu itu ada midnight, jadi pulang bisa jam 2-an pagi.

      Delete
  28. Mba kalau management trainee di cgv blitz bagaimana ya kondisi kerjanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mohon maaf Mba, kalau Management Trainee Aku tidak tahu takut salah hehehe

      Delete
  29. Jam kerjanya bisa request gitu engga kak?

    ReplyDelete
  30. Jam kerjanya setiap bulan bisa request sesuai dengan jam kuliah

    ReplyDelete
  31. Mau ngelamar di cgv,apa bb harus kurus?

    ReplyDelete
  32. Kalau mau part time / DW gitu ad dikasih info dr cgv lewat medsos atau kitanya aja yg langsung ke cgv nya nanya kak?

    ReplyDelete
  33. Kak bagian Crew Operational Blitz itu ngapain yah kerjanya? Mksh kak

    ReplyDelete
  34. Kak mau tanya plis respon ya kak.
    Aku liat di web isi formnya via web. Aku udh coba berkali" gbs kayanya masalah difto maxnya kan 80 kb
    Fto aku. Kan dibwh 80 kb ttp gbs.

    Apa hrs datang langsung ke store cgvnya ya? Bukanya setiap hari apa aja ya kak?


    Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau CGV buka setiap hari kok kan bioskop

      Delete
    2. Saya juga punya permasalahan yang sama Kak, apa saya harus datang langsung ke CGV?
      Terima kasih.

      Delete
    3. Saya coba liat di https://www.cgv.id/en/content/careers tapi ga ada pilihan untuk menjadi "crew".

      Delete
  35. halo, mau bertanya. untuk kolom pendidikan yang dicapai jika saya belum lulus kuliah, diisi dengan pendidikan terakhir yg sudah lulus (SMA) atau S1 saja? kalau misalkan S1, kolom tahun lulus dan prestasi lulusnya diisi apa ya?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum lulus diisi SMA aja nanti kan kerjanya juga buat crew kalau belum lulus S1

      Delete
  36. Replies
    1. Kalau dulu sih masih kecil karena part time tapi sudah lumayan kok buat mahasiswa mah

      Delete
  37. Kak, aku kan udah ngelamar 4 hari yang lalu ko belum ada panggilan yaa, dan aku ngelamar ga pake ijazah tapi pakenya skl, apa itu masalahnya aku ga di panggil panggil? Pengen banget kerja di situ soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa kemungkinan sih, bisa karena belum sesuai kualifikasi atau belum ada posisi kosong. Ditunggu aja, Aku juga dulu lama kok dipanggilnya

      Delete
  38. Informasi terbaru lowongan kerja Blitz Megaplex lowongan kerja

    ReplyDelete