Thursday, March 25, 2010

dosen bagaimana ?

apa gue yang sial yaaa ? atau bagaimana ?
setiap gue milih mata kuliah fakultas, selalu aja dengan dosen yang disiplin dan penuh dengan tugas perharinya ..

pertama MPKT, aduh lupa kepanjangannya yang jelas belajar tentang bagaimana bikin paper, makalah, presentasi yang baik sesuai dengan peraturan standar yang ada, terus gmn kita mengkaji suatu permasalahan secara filsafat, terus belajar etika profesi dan lupa lagi. saat itu dosen gue wanita berjilbab dengan nama Ade Solihat.
seru sih! tapi nggak sesantai kelas lain. presentasi kelompok, dan presentasi individu diakhir perkuliahan. UTS dan UAS pun yaaa standarlah NGEJELIMET (lebih parah dari taraf musingin).
pulangnyapun selalu ontime jam 10.30 huaaaaa bikin ngantuk!
DAN gue dapet A dari kelas MPKT itu, itu gue dapetin dengan susah payah. ngumpulin paper, makalah, presentasi, aktif dikelas dll.

yang kedua, PFPM kalo yang ini gue masih inget kepanjangannya Pengantar Filsafat Pemikiran Modern. gue lupa dapet dikelas mana, tadinya gue milih kelas 6 dengan dosen Alm.Pak Wayan (baru-baru ini meninggal) yang terkenal dengan kesantaiannya (denger-denger kata senior itu dosen yg jarang masuk, jarang ngasih tugas, dll). karena kelas 6 penuh banget! BEJUBEL gila fansnya. akhirnya gue mundur dan pilih kelas dengan dosen bernama Eko Wijayanto.
awalnya gue amat sangat jiper sama itu dosen, gila baru masuk gue udah di wanti-wanti "kalian (gue dan devita) kalo cuma mau main-main jangan masuk kelas ini" dia ngomong begitu karena minggu ke dua baru masuk kelasnya.
dan baru-baru masuk udah dikasih tugas presentasiin buku satu bab dua orang, keluar kelas tepat waktu, dan selalu ada tugas.
beda sama kelas laen yang dateng jam 8, jam 9 udah keluar kelas. malah kadang dosennya nggak masuk. dosen gue mah rajin :D
seru sih berdebat tentang DARWIN! tapi kadang nggak ngerti .. itu masalah kepercayaan.
dan gue dapet nilai B+ itu juga dengan susah payah! kalo kelas laen (nggak semua) nggak bersusah payah dapet A.

dan yang sekarang KI kebudayaan indonesia, gue kembali bertemu Bu Ade Solihat :D sengaja sih. dulu dosen yang satu ini kalo ngajar jelas jadi gue suka aja :D tadi gue baru aja selesai presentasi, gue udah ngerjain yang terbaik tapi masih tetep banyak kekurangan yaa namanya belajar. dan banyak temen gue di kelas lain yang bilang, "gue nggak ngapa-ngapain loh dikelas dan UTS TAKE HOME ?!" omg! saik banget ~~

TERUS, kenapa dosen beda-beda yaaa? emang nggak ada peraturan standar untuk mengatur apa yang harus diberikan dosen ke mahasiswa, apa yang harus dilakukan mahasiswa dll? POSISI dan DOSEN menentukan presentasi ..

No comments:

Post a Comment