Thursday, July 26, 2012

Ramadhan 1433

Happy fasting, universe.

Alhamdulillah, masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan suci Ramadhan tahun ini. Ramadhan ini, menurut gw, merupakan Ramadhan yang paling berat. Kenapa? Karena ketiadaan Mama kini. Hari ini, hari ke-6 puasa. Sulit banget menjalani puasa tanpa Mama. Sulit banget. Betapa berartinya beliau dahulu.  I'm not good in cooking. Bisa sih gw masak, tumis-tumis apapun dengan ingredients yang sama, yaitu onion, garlic, cabe, dan tomat. Awalnya aja, tiap pulang kerja rajin masak buat buka puasa dan sahur. Tapi hari ke tiga, ke empat dan seterusnya, malesnya ampun-ampunan. Malah mendingan nggak makan atau nggak sahur deh dari pada harus masak. Bukan cuma itu, ternyata pengeluaran uang buat masak tiap harinya itu besar banget ya. Sekarang aja, mana bisa gw nyisihin uang buat beli sepatu. Kalo ada uang kaget aja paling beli sepatu.

Selain itu ya, masakan yang dimakan nggak seenak buatan Mama sendiri. Jauh dari kenikmatan makan. Ya, asal ada makanan aja. Asal kenyang aja gitu. Apalagi kalo semua kecapean kerja, suka telat bangun dan akhirnya nggak sahur deh. Kuat sih puasa tanpa sahur, tapi biasanya jadi lebay. Badan itu rasanya lemes banget, bibir kering, mau ngobrol aja nggak kuat apalagi ketawa-ketawa sama temen. Makanya, sebisa mungkin sahur deh. Lagian kalo nggak sahur, suka kelewatan solat Subuhnya. Hehehe

Kadang, pengen banget teriak dan bilang "MA, NGGAK KUAT TANPA MAMA." But, NO! Ini sudah keputusan Allah, mungkin jadi cobaan juga buat gw. Mama itu milik Allah, semua akan kembali pada-Nya. Sedih hal yang wajar ya. Kalo bisa dibilang, gw sedih setiap hari. Saat Ramadhan kayak gini apalagi. Nggak ada yang nyiapin menu berbuka, menu sahur, apalagi lebaran nanti, entah siapa yang bakal masak rendang di rumah. Bersyukur deh yang masih punya Mama.

Apapun yang terjadi, life must go on. Harus tetap semangat meraih impian. Gw masih punya satu orang tua yang harus gw jaga baik-baik, Papa. Akan terus berjuang sampai tetes darah penghabisan :p Di Ramadhan yang berkah ini, akan selalu ada kebahagiaan. Terima kasih, ya Allah, aku punya Papa, Aa Deri, Deni, Dicky, Puput, Andi, dan teman-teman lain yang membuat hari-hari menjadi berwarna. Terima kasih atas segalanya yang tak terhingga. Semoga amal ibadah baik kami, Engkau terima ya Allah. AMIN.

No comments:

Post a Comment